Friday, May 31, 2024

Kemampuan Rafale Pesanan Indonesia dan Jet Tempur Siluman F-35 Punya Kemiripan yang Berkaitan Dengan Nuklir

 

Formasi tempur F-35

Tentu ada banyak alasan mengapa jet tempur F-35 begitu digemari, salah satunya adalah kemampuan siluman. Dengan kemampuan siluman ini, F-35 punya kesempatan untuk menembus pertahanan musuh.

Radar musuh akan sulit mendeteksi kedatangan platform siluman ini, dan F-35 dapat menyerang aset berharga tinggi musuh.

Tapi selain kemampuan siluman, daya serang F-35 juga menakutkan karena mampu melepaskan serangan nuklir.

F-35 adalah satu dari sedikit jet tempur yang dapat melakukan hal itu. Menurut kabar terbaru, F-35 Belanda yang diberi tugas oleh NATO untuk mengambil peran serangan nuklir. Belanda telah menjadi negara pertama yang menyatakan bawah F-35 miliknya bertanggung jawab penuh atas peran serangan nuklir”, jelas The War Zone pada 31 Mei 2024. Sementara bom nuklir yang akan dipakai adalah bom termonuklir B61-12. Pengambilan peran ini melihat ketegangan antara Rusia dan Ukraina yang tiada henti.

Klaim pihak Barat mengatakan bahwa Rusia berulang kali melakukan serangan nuklir, hal inilah yang menjadi fokus NATO. Peran anti-nuklir ini secara resmi akan dijalankan F-35 Belanda mulai 1 Juni menggantikan F-16 mereka. Benar, F-35 adalah pemain baru bagi Belanda dalam misi perang nuklir ini.

Lebih spesifik, Amerika sebagai pembuat F-35 baru memberi izin kepada jet tempur Belanda untuk menjalankan peran nuklir.

Sementara sebelum F-35, F-16 Belanda lah yang menjalankan misi besar itu. Belanda adalah salah satu sekutu NATO yang menjalankan misi pencegahan nuklir, dan negara Eropa yang memakai F-35 untuk jalankan operasi itu”, ucap Angkatan Udara Belanda dalam keterangannya.  Setelah Belanda, F-35 Inggris, Belgia, Jerman, dan Italia juga dipercaya akan mengemban misi yang sama. F-35 Inggris, Belgia, Jerman, dan Italia pada akhirnya akan menerima bom B61-12 meski jadwal pengirimannya sangat dirahasiakan”, pungkas The War Zone.

Namun di luar penjelasan itu semua, jet tempur lain yaitu Rafale nyatanya juga sedang diupayakan untuk dapat melakukan serangan nuklir. Rafale sejatinya mampu menggotong berbagai jet tempur rudal maupun bom, dan nuklir adalah salah satunya.

Karena baru-baru ini, Rafale telah lakukan uji coba lepaskan rudal nuklir udara-ke-permukaan jarak menengah ASMP-R.

Pada tanggal 22 Mei, Direktorat Jenderal Persenjataan Perancis umumkan keberhasilan peluncuran evaluasi pertama dari rudal udara-ke-permukaan jarak menengah ASMP-R”, jelas Army Recognition pada tanggal yang sama.  ASMP adalah rudal jelajah berhulu ledak nuklir yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa MBDA Prancis. Sementara ASMP-R sendiri adalah varian tercanggih dari rudal kiamat itu.

 

Rudal ASMP pertama kali beroperasi pada bulan Mei 1986, di mana jet tempur pendahulu Rafale yaitu Mirage yang membawanya.

Versi yang ditingkatkan pun lahir yaitu ASMP-A dengan jangkauan sekitar 500 km dengan kecepatan maksimum 3 mach.

 

Varian ini pertama kali beroperasi pada bulan Oktober 2009 di mana digunakan oleh jet tempur Mirage dan juga Rafale.

Merasa belum cukup, MBDA menciptakan ASMP-R di tahun 2016 dengan kemampuan yang ditingkatkan.

belum jelas berapa jauh rudal ini dapat melesat maupun kecepatannya, namun yang jelas ASMP-R membawa hulu ledak termonuklir 300 kt.  Pertanyaannya, apakah Indonesia yang akan menerima Rafale di tahun 2026 juga akan senjata nuklir?

Jawabannya tidak karena Indonesia bukanlah negara dari Treaty On The Non Proliferation Of Nuclear Weapon 1968 (NPT), karena hanya 5 negara yang diperbolehkan mengembangkan senjata nuklir.  Berdasarkan NPT 1968, hanya Amerika, Rusia, China, Prancis, dan Inggris yang boleh memiliki senjata nuklir.  Di sisi lain, Indonesia juga menunjukkan sikapnya menentang penyebaran senjata nuklir.

Dengan meningkatnya tantangan keamanan nuklir global, mulai dari ketegangan geopolitik dan kemajuan teknologi yang meningkatkan keamanan nuklir. Indonesia tegaskan komitmen pelucutan senjata nuklir”, ungkap Kemlu di laman resminya pada 23 Mei 2024.

Dalam upaya menjamin keamanan nuklir, Indonesia sejatinya sudah melakukan berbagai upaya seperti memperkuat peraturan domestik.

sumber : Zona Jakarta

 

No comments:

Post a Comment